Alat Produksi Kerajinan, Serat Tumbuhan, Produk Kerajinan Serat Hewan, Bahan Serat Hewan

Alat Produksi Kerajinan Serat Tumbuhan


Dalam rangka membuat produk kerajinan dari bahan serat alam, maka di butuhkan alat yang begitu banyak. Peralatan di pakai sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat produk kerajinan dari bahan daun atau serat alam alat yang digunakan antara lain :  Gunting, Cutter, Pisau, Lem, dan jarum jahit.
Selain itu peralatan berat yang diperlukan dalam pembuatan kerajinan tertentu, seperti mesin jahit, mesin tenun, mesin pemisah sabut kelapa, dan aneka mesin lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan bahan serat alam.

Produk Kerajinan dari Serat Tumbuhan


Pembuatan produk kerajinan bahan serat tumbuhan, baik yang dibuat sebagai bahan baku tekstil ataupun yang dibuat sebagai fungsional memiliki prosedur yang berbeda. Bahan serat alam yang berasal dari serat/sabut kelapa dapat diproduksi sebagai keset, atau bahkan sebagai isi bantal. Bahan serat alam dari daun/pelepah pisang, pandan, atau eceng gondok dapat diproduksi menjadi berbagai bentuk kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan juga fungsi hias dengan menggunakan teknik anyam. Gambar berikut merupakan contoh hasil kerajinan dari serat alam.

Produk Kerajinan Serat Hewan


Apakah kamu pernah melihat kerajinan yang menggunakan bahan dasar serat hewan. Serat hewan yang biasa dibuat untuk bahan dasar kerajinan adalah bulu domba, serat ulat sutra, bulu biri-biri, kulit hewan. Apakah di disekitar daerah kamu tinggal menghasilkan banyak seperti tersebut?

Pernakah kamu melibat bulu domba? Bulu domba memiliki ketebalan yang cukup untuk dibuat kerajinan fesyen seperti shal, baju hangat, kaos kaki, rompi, topi sepatu, dan tas. Ada pula yang dibuat menjadi sarung bantal kursi, dan taplak. Daerah penghasil bulu domba sebagai produk kerajinan di antaranya Tapos Indramayu, Perajin daerah ini menyulap bulu domba menjadi hiasan yang menarik dan kreatif. Masih banyak lagi produk kerajinan dari bahan serat hewan ini sudah digeluti oleh pengrajin dibeberapa daerah, melihat semakin variatifnya minat masyarakat.

Bahan Serat Hewan


Berikut ini merupakan bahan serat dari hewan yang dapat diolah menjadi produk kerajinan. Pengolahan yang dilakukan cukup sederhana yaitu dikeringkan secara alami dengan sinar matahari langsung.
1) Serat wol dari bulu domba
2) Serat sutra dari kepongpong ulat sutera.
3) Serat dari bulu alpaca

Bahan-bahan serat hewan dapat diolah dengan berbagai cara dan dilakukan dengan beberapa tahap pengolahan, seperti pencukuran, pembersihan dengan cara pencucian, pengeringan, dan kemudian di pintal. Hasil dari pemintalan diperoleh benang yang dapat di jadikan sejumlah produk yang bernilai jual tinggi. Produk yang dihasilkan dari bulu domba sering diolah dengan teknik tenun. Serat bulu domba atau wol memiliki kelebihan di antaranya berat, hangat, dan halus. Oleh sebab itu, bahan serat ini cocok dimanfaatkan sebagai produk fesyen.

Alat Produksi Kerajinan Serat Hewan


Alat yang digunakan untuk membuat produk kerajinan dari bahan serat alam cukup banyak. Peralatanan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Peralatan berikut hanyalah sebagian saja dari aneka peralatan yang dapat digunakan untuk membuat produk kerajinan dari bahan serat hewan. Indintifikasikanlah peralatan lain yang dapat membantu pekerjaan pembuatan kerajinan.

Adapula peralatan berat yang diperlukan dalam pembuatan kerajinan tertentu, seperti alat pemintal dan alat penggulung benang. Alat tersebut dapat dibuat dalam bentuk tradisional.

Produk Kerajinan dari Serat Hewan


Pembuatan produk kerajinan bahan serat hewan, baik yang dibuat sebagai bahan baku tekstil ataupun yang dibuat sebagai fungsional memiliki prosedur yang berbeda. Bahan serat dari sutra dapat diproduksi menjadi kain sutra. Sedangkan kain sutra sendiri masih dapat diolah kembali menjadi berbagai produk kerajinan lainnya, misalnya batik, kain ikat celup, dan syal. Bahan serat hewan dapat diproduksi menjadi berbagai produk kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan fungsi hias dengan menggunakan teknik jahit, tenun, dan rajut.

Selanjutnya Kemasan Produk Kerajinan Bahan Serat

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Level Gerak Pada Tari, Level Tinggi, Level Sedang, Level Rendah, Pola Lantai Tari, Berpasangan, Kelompok

Teknik Membentuk, Teknik Cetak, Teknik Menganyam, Teknik Menenun, Teknik Membordir, Teknik Mengukir, Pengelolaan Sumber Daya Usaha,

Proses Pencetakan dengan Teknik Cetak Tekan, Proses Pembentukan dengan Teknik Cetak Tuang